Jumat, 25 Desember 2009

search engine

Mencari Informasi di Internet
Sistem pelayanan informasi pada jaringan internet sebagian besar bekerja dengan konsep client-server. Mekanisme client-server ini adalah suatu program client mengirimkan permintaan (request) kepada server untuk melakukan suatu tugas, misalnya pencarian informasi. Server akan melakukan tugas yang diperintahkan oleh client dan setelah selesai, hasil informasinya akan dikirimkan kepada client.
Dengan cara ini maka dapat dilakukan pendistribusian proses secara efisien ke beberapa mesin yang berbeda. Pada sisi pemakai menggunakan program aplikasi client untuk suatu jenis layanan (service), yang akan mengirimkan permintaan ke server tertentu yang berad pada lokasi yang berbeda. Pada konsep client-server ini tidak bergantung pada jenis komputer yang digunakan, karena konsepnya adalah pada tingkatan layanan aplikasi yang dapat bekerja di atas protokol TCP/IP.
Dengan kata lain, pemkai di sisi client tidak perlu mengetahui jenis komputer server apa yang diakses, apa sistem operasinya, dimana lokasi komputernya dan bagaimana cara memproses informasinya. Pemakai hanya menggunakan suatu program aplikasi dan meminta layanan kepada server yang diketahui alamat logikanya saja di jaraangan internet.
Begitu pula sebaliknya, dokumen aplikasi akan tampil pada client sesuai dengan kemampuan komputer client. Pembuat dokumen aplikasi tidak bergantung pada platform komputer user yang beraneka ragam. Dengan cara inilah internet menghasilkan suatu mekanisme client-server yang heterogen. Program pada server tidak bergantung pada program clint, begitu pula sebaliknya.
Ada banyak layanan aplikasi internet untuk pencarian informasi, seperti halnya gopher, archie, WAIS dan sebagainya. Ada salah satu layanan yang cukup baru dikembangkan dan saat ini menjadi cukup populer digunakan oleh pemakai jaringan internet, yaitu WWW atau World Wide Web, atau biasa disingkat dengn web. Pada materi ini yang akan diberikan penjelasan mengenai pencarian informasi menggunakan WWW.



World Wide Web (WWW)
Salah satu layanan aplikasi di internet ini adalah World Wide Web (WWW), pelayanan yang cukup baru dikembangkan di internet dan menjadi layanan aplikasi yang paling populer digunakan pemakai jaringan internet dan perkembangannya terus dilakukan sampai saat ini untuk menyempurnakan teknologi ini. WWW atau yang biasa disebut dengan Web saja, bekerja menggunakan teknologi yang disebut hypertext, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu protokol aplikasi yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol).
Dengan adanya fasilitas ini menjadikan Web sebagai salah satu aplikasi yang paling luwes untuk menjelajahi internet.
Dengan menggunakan WWW, pengaksesan beragam sumber informasi di internet misalnya gopher, WAIS, ftp, mail dan sebagainya, dapat dilakukan melalui suatu cara yang general, pengaksesan informasi dan menyajikannya dalam berbagai bentuk informasi seperti text, grafik, suara, animasi, video dan sebagainya.

Universal Resource Locator (URL)
Pada penggunaan WWW, penunjukan suatu sumber informasi menggunakan metoda Universal Resource Locator (URL), yang merupakan konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputernya dan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database, atau hasil dari perintah finger atau perintah archie atau yang lainnya. Dengan URL ini didefinisikan lokasi dn metoda pengaksesan file tersebut.
Secara umum dapat digambarkan penulisan URL: metode://nama_file[:nomor_port]
Jenis metoda yang lazim digunakan:
• File
• http (HyperText Transfer Protocol)
• news
• gopher
• telnet, dan seterusnya




Web Browser
Untuk dapat mengakses layanan WWW, diperlukan program aplikasi client WWW, yang biasa dikenal sebagai Web Browser. Ada banyak Web Browser yang ada seperti:
• NCSA Mosaic
• Netscape Navigator / Communicator
• Internet Explorer
• Mozilla Firefox
• HotJava
• I-Comm
• Oracle Power Browser dan sebagainya
Disini akan digunakan sebagai contoh salah satu browser yang cukup popular yaitu Mozilla Firefox.
Beberapa fasilitas utamanya adalah:
• WWW client
• Gopher client
• ftp client
• news client
• html editor
• mail reader
Dengan menggunakan program Mozilla Firefox ini dimungkinkan penggunaan berbagai pelayanan di internet dengan hanya menggunakan satu program saja.

Browsing dengan Mozilla Firefox
Untuk menggunakan program aplikasi Mozilla Firefox, anda harus mempunyai program aplikasi tersebut dan di-install pada komputer anda. Perlu diperhatikan mengenai hardware requirement, apakah telah sesuai dengan komputer yang anda gunakan.

Setelah program di-install, doubel clik pada icon Mozilla Firefox. Akan tampil pada layar tampilan hampir seperti dibawah ini:
1. Anda perhatikan pada layar informasi (dimana tampil isi dari web page), bahwa jika anda gerak-gerak kan cursor anda pada layar web page, maka bentuk tampilan cursor kadang-kadang berbentuk tanda panah atau gambar tangan. Jika bentuk kursor adalah gambar tangan, maka pada lokasi tersebut anda dapat click mouse anda untuk menuju suatu web page lain yang menjelaskan mengenai apa yang tadi anda tunjuk. Bentuk pilihan dapat berupa ext, gambar, animasi, grafik, dan sebagainya. Pada setiap web page anda dapat melakukan hal yang sama, dan jika anda ingin kembali ke halaman sebelumnya, anda dapat clik pada tombol BACK di sebelah kiri atas program Mozilla Firefox.
2. Untuk memulai menghubungkan dengan salah satu URL isikan pada Text Box, misalnya http://www.gunadarma.ac.id/
Akan tampil pada layar informasi browser anda, situs web dari Universitas Gunadarma.
3. Apabila ada suatu dokumen yang menarik dan ingin disimpan untuk dapat dibaca lebih lanjut, maka dapat dilakukan proses penyimpanan file dengan cara:
• Memilih menu FILE atau SAVE PAGE AS
• Kemudian masukkan nama file. File akan disimpan dalam format HTML
• Bila ingin disimpan dalam file teks, pilih FILES OF TYPE, pilih TEXT FILES
4. Apabila ingin menyimpan salah satu bagian dari home page, missal gambar, atau background. Maka dapat dilakukan dengan cara:
• Mouse diarahkan kebagian yang akan disimpan dan tombol sebelah kanan ditekan
• Pilih SAVE IMAGE AS, isikan dalam format yang dikehendki, dapat berupa JPG yaitu dengan format JPEG, atau GIF atau BMP
• Isikan nama file dan tekan SAVE


Search Engine
Mencari dan menelusuri World Wide Web yang begitu luas sudah tentu harus didukung dengan layanan search engine ataupun portal yang handal, lalu apakah search engine dan portal itu.
Search Engine adalah suatu Web site yang menyediakan pelayanan untuk mencari informasi. Beberapa search engine memiliki pendekatan teknik searching yang berbeda. Beberapa search engine yang terkenal antara lain:
• Yahoo, menyediakan tatanan informasi yang telah terkategori (www.yahoo.com)
• Google, menyediakan suatu metode search engine dengan multi language serta pengelompokkan dalam pencarian informasinya (www.google.co.id)
• Lycos, menyediakan suatu metode search engine yang memanfaatkan teknik fuzzy, sehingga bila tidak diketahui dengan pasti keywordnya, pencrian tetap dapat dilakukan. Misal untuk mencari Akhmad atau Ahkmad (www.lycos.com)
• Altavista, merupakan search engine yang peling cepat (www.altavista.com)
• Copernic 99, menggunakan beberapa search engine sekaligus, menyaring hasil rangkap dan menandai kata-kata yang dicari (www.coopernic.com)
• Astalavista, merupakan search engine untuk mencari program-program crack suatu software pada komputer (www.astalavista.box.sk)
• Softseek, merupakan search engine yang berfungsi untuk melakukan pencarian berbagai macam software baik yang freewre maupun shareware (www.softseek.com).
• Searchindonesia, merupakan search engine yang ada di indinesia yang sangat baik untuk mencari informasi yang berkenan dengan indonesia, tetapi kuang memuaskan untuk pencarian informasi secara global (www.searchindonesia.com)

Untuk menggunakan Google:
- Masukkan di Location http://www.google.com
- Maka akan segera tampil halaman pertama. Tampak form yang dapat digunakan memasukkan keyword yang dipakai untuk searching
- Untuk mulai melakukan search, keywod tersebut dimasukkan ke dalam form tersebut dan tombol GOOGLE SEARCH ditekan.
Disamping menyediakan fasilitas searching, google juga telah mengkategorikan informasi-informasi dalam kategori-kategori yang memudahkan pencarian informasi. Untuk mencari informasi yang terkategori tersebut, dapat dilakukan tinggal memilih link GROUPS.

Hasil dari suatu pencarian akan menampilkan seperti:
• Untuk mulai mencari suatu informasi, masukkan keyword ke form, http://www.google.com
• Setelah tombol GOOGLE SEARCH ditekan maka akan ditampilkan sumber informasi yang memiliki kata kunci tersebut
• Sumber yang memiliki nomor kecil adalah yang paling relevan dengan yang ingin dicari

Apabila ingin dilakukan pencarian yang lebih kompleks dapat digunakan pilihan ADVANCED SEARCH.
• Dengan pilihan ini dapat digunakan hubungan logika antara kyword, misal: AND, OR, serta nilai ketepatan pencarian misal: EXACT, LOOSE dan sebagainya.
Hasil pencarian akan ditampilkan secara berurutan. Yang berada pada posisi teratas dari daftar hasil pencarian tersebut, adalah dokumen atau web Page yang paling relevan dengan keyword yang ddiberikan.
Masih banyak lagi search engine yang terdapat di internet. Informasi dari setiap search engine belum tentu sama, untuk itu gunakanlah berbagai search engine untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dengan kriteria yang anda butuhkan.
Contoh-contoh search engine yang lain adalah (www.infoseek.com). (www.msn.com), (www.hotbot.com), (www.googlecom), (www.catcha.co.id) dan masih banyak lagi.

Portal
Salah satu fasilitas yang ada di web yang bisa dimanfaatkan untuk mencari suatu informasi di internet adalah portal, baik portal maupun search engine, keduanya mempunyai kemiripan bahkan ada search engine yang juga berfungsi sebagai portal contohnya (www.astaga.com)
Lalu apakah portal itu sebenarnya. Portal adalah suatu layanan pada web yang juga mempunyai database yang sangat banyak mengenai informasi dan didalamnya terdapat berbagai macam berita-berita uptodate, atau bisa dikatakan portal itu mirip dengan media informasi yang pada umumnya kita gunakan, apakah berupa koran ataupun majalah dan lain-lain, yang didalamnya memuat berbagai macam informasi yang setiap saat dapat berubah, sesuai dengan ke aktualan berita tersebut. Mungkin dengan adanya portal ini maka bagi para pengguna internet dapat memanfaatkannya sebagai alternatif dari media cetak (koran) yang selama ini sering digunakan.

Beberapa portal yang terkenal antara lain:
• Iklan baris, merupakan portal yang didalamnya menyediakan berbagai macam penawaran barang dan jasa, seperti komputer, handphone, automotive dan masih banyak lagi baik yang masih baru maupun yang bekas, penjualan software-software tertentu (www.iklanbaris.co.id)
• Onklik, merupakan portal informasi didalamnya sangat aktual bahkan sampai mengenai alamat-alamat wartel di jabodetabek (www.onklik.com)
• Astaga, juga merupakan portal yang berfungsi sebagai search engine (www.astaga.com)
• Eramuslim, merupakan portal yang didalamnya terdapat berbagai macam bahasan mengenai keislaman (www.eramuslim.com)
• Detik, merupakan salah satu portal yang berada di indonesia yang didalamnya memuat berbagai macam informasi yang aktual termasuk harga dollar dan kurs saham (www.detik.com). Dan lain-lain.

Cara Efektif Menggunakan Search Engine
Menggunakan search engine merupakan cara yang biasa diempuh untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan di world wide web (www). Namun demikian, tidak jarang penggunan search engine memberikan hasil yang mengecewakan, semata-mata karena pemakai melakukan (query) dengan cara yang kurang tept. Tips-tips berikut diharpkan dapat menuntun anda menggunakan search engine secara efektif untuk menemukan informasi yang dibutuhkan:
1. Gunakan search engine yang tepat
Sebagian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu banyak pula pengelola situs search engine yang kolaps, dan tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo (www.yahoo.com) dan Google (www.google.com) merupakan pilihan yang paling terpercaya.
2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum
Bayangkan, berapa banyak hasil pencarian yang akan diperoleh apabila hanya memasukkan kata kunci (telescope) dalam mesin pencari. Akan berbeda hasilnya apabila hanya menggunakn kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.
3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas
Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci seperti Short biography of astronomer Edwin Hubble, akan mengeluarkan setumuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Hubble biography. Dismaping itu, perhatikan ejaan dari kata kunci yang dimasukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat menyebabkan hasil yang akan diperoleh jauh dari harapan.
4. Gunakan operator Boolean
Kata kunci ”AND”, ”OR”, ”NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu situs-situs yang lebih spesifik. Misalnya pada keyword Hubble AND biography NOT telescop akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Edwin Hubble dan menghindari masuknya halaman tentang teleskop antriksa dengan nama yang sama pada hasil pencarian tersebut.
5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh
Beberapa search engine mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Hubble Space Telescope dengan ”Hubble Space telescope” akan memberikan hasil yang lebih akurat. Penggunaan tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya ”Hubble Space Telescope” AND launch.
6. Manfaatkan Direktori
Beberapa search engine menyediakan fasilitas direktori yang menuju ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. Search engine yang menggunakan direktori antara lain yahoo (www.yahoo.com) , Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal indonesia Catcha (www.catcha.co.id), Searchindonesia, Naver atau incari.
7. Manfaatkan fitur khusus dari search engine anda
Beberapa search engine tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman radio. Sementara itu, search engine semacam MetaCrawler (www.metacrawler.com) mengirimkan perintah pencarian kebeberapa search engine sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajarifitur-fitur khusus pada search engine favorite anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.
8. Gunakan fungsi ”Find” pada browser
Ketika search engine menampilkan halaman tertentu, belum tentu akan langsung ditemukan apa yang sebenarnya dicari. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble yang dilakukan membawa anda ke halaman apa dan siapa ,/astro/who.php. di bagian astronomi pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi ”find” [Ctrl+F) pada bowser anda dan ketikkan /Hubble/. Nah, kini and bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar