Rabu, 23 Desember 2009

Beberapa aspek yang menjadi ukuran kedewasaan seseorang

Beberapa aspek yang menjadi ukuran kedewasaan seseorang
Intelektual
Secara intelektual, kita dikatakan dewasa dilihat dari kemampuan kita membentuk pendirian. Artinya, kita memilih pendirian atau prinsip yang jelas sehingga tidak mudah terombang ambing oleh situasi yang mnurut kita untuk bersikap. Namun,tetapmemerhatikan pendapat orang lain meskipun tidak berdasar pada pendapaat itu. Kemampuan mengambil keputusan sendiri dengan tegas dan bebas berdasarkan bukti, alas an nyata, dan nasihaatt baik dari orang lain, serta tanggung jawab atas keputusan itu.
Emosional
Kita dikatakan sebagai orang dewasa ditandai dengan kemampuan menerima emossi dan menguasainya secara wajar. Artinya, apapun emosi yang sedang kita alami, kita tetap dapat menguasai serta mengelolanya dengan baik.
Moral
Kedewasaan berarti kesetian kita pada asas-asas moral ddan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya,semakin dewasa seseorang, akan semakin mementingkan orang lain daripada diri sendiri.
Social
Keedewasaan tampak dari keterbukaan terhadap orang lain. Sanggup membuat persahabatan. Tidak tergantung pada siapapun,tapi bukan berarti tidak butuh orang lain. Kita dapat menyesuaikan diri dan hormat pada hukum,kebiasaan, dan adat istiadat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar